KEGIATAN PEMBERANTASAN SARANG NYAMUK (PSN) DI DUSUN KEDUNG SUMUR DESA JAMBEARUM.

Jambearum – Puger, Jumat (26/01) Kader Posyandu Desa Jambearum didampingi tim dari Puskesmas Kasiyan melaksanakan kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Dusun Kedung Sumur Desa Jambearum.

Kegiatan PSN di wilayah Desa Jambearum dilakukan rutin setiap bulannya bergantian dari dusun ke dusun. Sebagai upaya pencegahan penyakit Demam Berdarah maka dilakukan upaya preventif dengan masyarakat mulai dari kader kesehatan, RT, RW maupun ibu ibu PKK.

untuk melakukan kegiatan pengendalian DBD dengan melakukan salah satu kegiatan yaitu Gerakan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) dengan 3M+ yang terdiri dari : 1. Menguras/membersihkan tempat yang digunakan untuk menampung air seperti bak mandi, ember, penampungan air minum, dll; 2. Menutup rapat tempat penampungan air kendi atau drum tempat penampungan air minum; 3. Memanfaatkan kembali/mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Sedangkan plusnya yaitu kegiatan pencegahan DBD yang dapat dilakukan seperti menaburkan bubuk larvasida, menggunakan obat nyamuk, menggunakan kelambu, memelihara ikan pemakan jentik, mengatur pencahayaan dan ventilasi yang bagus di dalam rumah, tidak menggantung pakaian, dan masih banyak kegiatan pencegahan lainnya.

Kegiatan ini berbentuk koordinasi, pengecekan lapangan, dan evaluasi kegiatan untuk diketahui berapa Angka Bebas Jentik pada daerah tersebut dan temuan kasus apa yang ada di masyarakat baik masalah lingkungan maupun masalah kesehatan lainnya.

Satu per satu rumah dikunjungi oleh kader didampingi oleh petugas untuk melihat bak mandi, tempayan, tampungan air dalam dan luar rumah, barang bekas, dan tampungan lain yang kemungkinan terisi air dan dapat menjadi tempat perindukan nyamuk.

Kegiatan dilanjutkan dengan evaluasi dan pelaporan bahwa dilapangan telah ditemukan masalah apa yang dapat di sampaikan agar dapat bersama-sama dicarikan solusi atas permasalahan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *